Nabi Muhammad Saw Sebagai Pembawa Rahmatan Lil'alamin

Diposting oleh Ikhsaan 121 pada 00:51, 21-Jan-13

Di: Artikel Islami

Nabi Muhammad SAW Sebagai Pembawa Rahmatan Lil'alamin

rahmatanlil'alamin.jpg

Assalamu'alaikum Warohmatullahi wabatokatuh

Segala puji hanya bagi Allah, sholawat dan salam kita haturkan untuk junjungan kita Nabi Muhammad Shalallahu'alaihi wassalam.

Dalam rangka peringatan maulud Nabi SAW 12 rabiul awal, di sini saya ingin mengisi postingan tentang Artikel Islami. Di mana pada postingan sebelumnya adalah Mencari Jalan Kebenaran. Dan untuk memperingati Maulud Nabi ini saya ingin mengajak umat muslim untuk kembali melihat sejarah dan pengorbanan Nabi Muhammad saw sebagai pembawa rahmatan lil'alamin. Saat Beliau saw menyampaikan dan menyebarkan agama Allah, hingga menyebar ke seluruh pelosok penjuru negeri.

Dan dalam postingan kali ini mengenai Nabi Muhammad saw sebagai pembawa rahmatan lil'alamin, di sini saya tidak membahas apakah peringatan maulid Nabi ini sesuai dengan syariah agama Islam atau memang berdasarkan dalil Al-quran dan Hadist. Karena bagi saya intinya dalam moment peringatan maulid Nabi ini lebih bersifat bersyukur atas kelahiran Nabi Muhammad saw. Yang sudah menanamkan keimanan di hati kita., hingga kita dapat merasakan nikmat karunia, Kebesaran dan Kekuasaan- Nya (ALLAH SWT). Dan agar kita kembali untuk mencontoh dan mentauladani akhlak Nabi Muhammad saw, agar kehidupan yang kita jalani selalu berpegang teguh pada Al- Quran dan Hadist. Dan agar kita tidak terjebak dengan kehidupan dunia yang menipu.

Kita bisa lihat kehidupan di akhir zaman, di mana manusia menghabiskan waktu, masa dan hartanya hanya untuk kenikmatan dunia. Dan mengapa banyak orang lebih mementingkan kehidupan dunianya dari pada kehidupan akheratnya, ya karena mereka belum mau memahami makna tujuan hidup sebenarnya atau belum mau mencontoh dan mentauladani kehidupan Rasulullah saw. sebagai Nabi pembawa rahmat untuk seluruh alam. Hingga manusia lupa akan hakekat makna tujuan hidup sebenarnya

Dan pada kehidupan di akhir zaman ini saya sangat prihatin. Di mana di katakan zaman globalisasi, zaman moderenisasi, tapi kehidupan norma-norma agama semakin di tinggalkan. Korupsi di mana-mana, huru- hara di mana-mana, kejahatan ada di mana- mana, perzinahan perselingkuhan marak terjadi di mana-mana dan masih banyak lagi yang lainnya. Intinya kehidupan di akhir zaman ini semakin kacau. Di mana orang mengaku dirinya beragama tapi kehidupan di dalam beragama di tinggalkan. Mereka hanya memikirkan kehidupan untuk dunianya.

Alhamdulillah dalam rangka peringatan maulid Nabi 12 rabiul awal ini, saya ingin mengajak diri saya pribadi dan buat shobat pembaca, mari kita perbaiki akhlak dan amalan kita agar kita senantiasa mentauladani kehidupan Rasulullah saw. Mengamalkan sunnahnya dan mencontoh akhlaknya yang mulia. Agar apa yang menjadi tujuan hidup kita akan mendapatkan kebaikan untuk kehidupan dunia dan akherat kita. Janganlah kita termasuk dari golongan orang-orang merugi, seperti yang tercantum di dalam Al-Quran berikut ini.

Katakanlah: ''Cukuplah Allah menjadi saksi antaraku dan antaramu. Dia mengetahui apa yang di langit dan di bumi. Dan orang-orang yang percaya kepada batil dan ingkar kepada Allah, mereka itulah orang-orang yang merugi.'' (Q.S: Al'Ankabuut. ayat: 52)

''Hai orang-orang yang beriman, janganlah harta-hartamu dan anak-anakmu melalaikan kamu dari mengingat Allah. Barang siapa yang membuat demikian maka mereka itulah orang-orang yang merugi.'' (Q.S: Al-Munaafiquun. ayat: 9)

Sangat jelas firman Allah di atas dengan kenyataan kehidupan era jaman sekarang ini. Yang di maksud dengan golongan orang- orang yang merugi. Dan semoga kita bukan termasuk di dalam golonga tersebut. Aamiin ya Robbal'alamin.

Sebagaimana keadaan pada jaman jahiliyah, di mana kehidupan saat itu kacau balau. Dan penduduknya lebih menyakini dan meyembah berhala-berhala. Hingga mereka hidup di dalam kesesatan

Hingga dengan rahmat Allah, di pilihlah Nabi Muhammad saw. sebagai Rasul dan sekaligus sebagai Nabi penutup akhir zaman. Untuk meyelamatkan manusia dari kesesatan. Saya pernah menangis ketika membaca riwayat hadist saat Beliau saw. Ingin menyelamatkan penduduk kota tho'if dari kesesatannya, namun Beliau di usir dan di lempari dengan batu, hingga berdarah. Dan Beliau saw. tidak marah tapi Beliau saw sedih dan mendoakan untuk kebaikan penduduk kota Tho'if. Ketabahan dalam menghadapi kesusahan dan cobaan demi menyebarkan agama semata-mata karena Allah, pengorbanan, kelembutan hati, dan akhlak Beliau saw patut kita tauladani dalam kehidupan kita sehari-hari.

Dan Allahpun memuji akhlak Nabi Muhammad saw. di dalam Al-Quran

''Dan sesungguhnya kamu benar-benar berbudi pekerti yang agung'' (QS: Al-Qalam. Ayat: 4)

Bahkan banyak di riwayatkan dalam hadist tentang keluhuran akhlak Beliau saw. Sehingga ketika Nabi saw. wafat dan para sahabat ra. menangis ketika ada yang bertanya tentang akhlak Rasulullah saw. Karena mereka sedih karena sangat jarang sosok seorang Nabi yang begitu terpuji akhlaknya tanpa cela. Dan ketika istri Nabi Muhammad saw. Aisyah ra. di tanya tentang akhlak Beliau saw. di jawab; ''Akhlaknya adalah Al-Quran'' (H.R. Muslim) Dan Anas ra. berkata: ''Sungguh Rasulullah saw. benar- benar manusia dengan akhlak yang paling mulia'' (H.R. Bukhari-Muslim)

Para sahabat ra, orang terdekat, dan mereka yang mengenal Beliau saw sangat mencintai Nabi Muhammad saw karena keluhuran akhlaknya yang terpuji. Dialah Nabi kita manusia yang di pilih oleh Allah sebagai Nabi penutup akhir zaman. Yang akhlaknya di puja di seluruh jazirah Arab. Dan ribuan penduduk bangsa Arab dan pemimpin negeri kala itu merasa sangat kehilangan dan sangat bersedih. Ketika Nabi Muhammad saw wafat. Kehilangan sosok pemimpin yang begitu sederhana dalam pakain / jubah kebesarannya. Pemimpin yang sangat mencintai umatnya dalam kemuliaan akhlaknya. Sudah sepantasnya Allah memuji keagungan akhlaknya dan di pilih Nabi Muhammad saw sebagai pembawa rahmatan lil'alamin. Semoga kita seluruh umat muslim selalu mengikuti jejak Rasulullah saw. Agar kita mendapatkan kemuliaan di sisi Allah. Untuk kebaikan dunia dan akherat. Rindu kami padamu ya Rasul, semoga kerinduan kami ini akan mendatangkan kemuliaan dan syafaat bagi kami.
''Ya Allah limpahkanlah shalawat atas penghulu Nabi Muhammad saw. Semoga derkah shalawat itu Engkau lepaskan kami dari segala bencana dan musibah. Engkau tunaikan segala hajat kami, Engkau bersihkan kami dari segala kejahatan. Dan Engkau tingkatkan derajat kami, Engkau sampaikan tujuan kami maupun dalam hidup kami ataupun sesudah mati kami.'' Aamiin ya Robbal'alamin.

Sekian dulu semoga postingan ini Nabi Muhammad saw sebagai pembawa rahmatan lil'alamin akan membawa kebaikan untuk kita semua. Aamiin. Wassalamu'alaikum warrohmatullahi wabarokatuh.

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

21 tanggapan untuk "Nabi Muhammad Saw Sebagai Pembawa Rahmatan Lil'alamin"

M Ikhsan Daud pada 00:55, 21-Jan-13

Buat shobat yang ingin komentar alangkah baiknya menjawab salam terlebih dahulu. Karena menjawab salam hukumnya wajib. Atau setidaknya menjawab salam di dalam hati. Terima kasih.

http://ikhsaan121.mywapblog.com/nabi-muhammad-saw-sebagai-pembawa-rahmat.xhtml

islam2u pada 01:09, 21-Jan-13

Waalaikumsalam wr. wb. nice post, penghayatan terhadap Rasulullah sangat mulia.. Firman Allah maksudnya,
"Katakanlah, 'Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan
mengampuni dosa-dosamu.' Allah Maha
Pengampun lagi Maha Penyayang." (QS. Ali Imran: 31),

Nabi bersabda yang bermaksud,
"Tidaklah beriman salah seorang dari kalian sehingga aku lebih dicintainya daripada orang tuanya, anaknya dan manusia seluruhnya." (HR. al-Bukhari).

Nabi Muhammad Saw Sebagai Pembawa Rahmatan Lil'alamin. smile Cinta kepada Nabi, bererti cinta kepada Allah.. salam maulid.. success selalu.. smile

M Ikhsan Daud pada 01:30, 21-Jan-13

@islam2u,
Alhamdulillah terima kasih akhi atas tambahan ayatnya...iya mencintai Rasulullah saw. Sudah sewajibnya mencintai Allah. Sekali lagi terima kasih. Semoga Allah selalu memberikan kebaikan utk akhi. Aamiin smile

Aulia Rahman pada 02:52, 21-Jan-13

Mantep bro,, agan memahami rasullulah dgn baik...

M Ikhsan Daud pada 04:02, 21-Jan-13

@Aulia Rahman,
Mksh sob

Anonymous pada 08:55, 21-Jan-13

Waalaikumsalam..

Idola sepanjang masa..

Kikai L Gazerock pada 10:33, 21-Jan-13

Alhamdulillah dapet ilmu lg...
Nabi Muhammad itu seperti sempurna sekali ya...

Al Jabir pada 11:14, 21-Jan-13

Nice post gan,, sukses slalu! smile

Kring Cell pada 11:20, 21-Jan-13

Mantap artikelnya sob,maaf bru smpat silaturrahim,ane diperantauan sob!jdi buka mywapblog hanya skilas posting ja,maklum sring lembur kerjanya

Aryo Robeth Elmuna pada 17:02, 21-Jan-13

wa'alaikumussalam... bermanfaat sob artikelnya....yang ingin tahu sejarah nabi kunjungi http://aryorobeth.heck.in

M Ikhsan Daud pada 17:57, 21-Jan-13

@Anonymous,
Alhamdulillah selalu menjadikan Rasulullah saw menjadi tauladan kita

M Ikhsan Daud pada 18:38, 21-Jan-13

@Kikai L Gazerock,
Kesempurnaan hanya milik Allah, Dan Allah sendiri yg memuji akhlaknya Rasulullah saw yang begitu agung. Dan klo kita menyakini Allah, sudah pasti kita menyakini akan firman-Nya. Mengenai keagungan akhlak Nabi Muhammad saw. Mksh sob..

M Ikhsan Daud pada 18:40, 21-Jan-13

@Al Jabir,
Iya mksh gan..

M Ikhsan Daud pada 18:43, 21-Jan-13

@Kring Cell,
Wah kerja lembur terus nie sob, dukung aja sob semoga pekerjaannya makin lancar dan sukses. Mksh sob sudah mau menyempatkan waktunya mampir di blog saya.

M Ikhsan Daud pada 18:45, 21-Jan-13

@Aryo Robeth Elmuna,
Mksh sob buat infonya, segera meluncur ke blog shobat..

Teamlo pada 12:32, 22-Jan-13

nice post biggrin

M Ikhsan Daud pada 15:04, 22-Jan-13

@Teamlo,
Mksh sob...

Symbian Mobile pada 18:02, 22-Jan-13

KUNJUNGAN SORE HARI ,KALI INI NYIMAK AJA .

KUNBAL DITGGU SOB http://anndre.heck.in/

M Ikhsan Daud pada 18:09, 22-Jan-13

@Symbian Mobile,
Oke sob mksh udah mau mampir. Iya entar ke sana sob

Wiradz pada 13:31, 24-Jan-13

sangat bermanfaat bagus bangets artikelnya

M Ikhsan Daud pada 15:24, 24-Jan-13

@Wiradz,
Mksh sob kunjungannya

Langganan komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

Komentar terbaru dinonaktifkan pada posting ini.